SIMPERA

SISTEM INFORMASI PENGADUAN ACEH BARAT

MENGENAI PENGADUAN MASYARAKAT


Penerimaan pengaduan masyarakat melalui website ini adalah untuk pengaduan yang berkaitan dengan dugaan Tindak Pidana Korupsi.


Bentuk-Bentuk Korupsi

  • Perbuatan melawan hukum
  • Memperkaya diri orang/badan lain yang merugikan keuangan/perekonomian negara
  • Menyalahgunakan kewenangan karena jabatan/kedudukan yang dapat merugikan keuangan/perekonomian negara
  • Penggelapan dalam jabatan
  • Pemerasan dalam jabatan
  • Tindak pidana yang berkaitan dengan pemborongan
  • Delik gratifikasi

Layanan Pengaduan

Masyarakat dapat menyampaikan pengaduan kepada Kejaksaan Negeri Aceh Barat melalui surat, datang langsung, telepon, faksimile. Tindak lanjut penanganan laporan tersebut sangat bergantung pada kualitas laporan yang disampaikan.

Format laporan / Pengaduan yang Baik

  • Pengaduan disampaikan secara tertulis
  • Dilengkapi identitas pelapor yang terdiri atas: nama, alamat lengkap, pekerjaan, nomor telepon, fotokopi KTP, dll
  • Kronologi dugaan tindak pidana korupsi
  • Dilengkapi dengan bukti-bukti permulaan yang sesuai
  • Nilai kerugian dan jenis korupsinya: merugikan keuangan negara/penyuapan/pemerasan/ penggelapan
  • Sumber informasi untuk pendalaman
  • Informasi jika kasus tersebut sudah ditangani oleh penegak hukum
  • Laporan/pengaduan tidak dipublikasikan
WhatsApp Icon

Konfirmasi Pengaduan

Jika sudah Melakukan Pengaduan. Silahkan konfirmasi ke WA Call Center kami di +62 811-6788-666

Alur Pengaduan

Berikut ini adalah alur proses pengaduan masyarakat melalui aplikasi

1

Mendaftar

2

Login

3

Isi Form Pengaduan

4

Upload Foto Pendukung

5

Kirim

6

Mendapat Respon

Laporan

Pengaduan Masuk
Pengaduan Telah Diproses
Pengaduan Belum Diproses
Persentase Pengaduan